Senin, 13 Februari 2012

vaLENtiNE, HAriMAU suMAtera dIjODOhkAN di AS

Harimau Sumatera (Antara/ Puspa Perwitasari)
Tenar di seluruh dunia, kondisi habitat asli Harimau Sumatera justru mengenaskan.

Dalam peringatan hari kasih sayang, Valentine, Malosi --seekor Harimau Sumatera -- dari Kebun Binatang Honolulu, Hawaii akan diterbangkan ke Tacoma, Washington, untuk dijodohkan dengan harimau betina bernama Jaya yang tinggal di kebun binatang, Point Defiance.

"Kami merasa bangga memainkan peran penting ini, mengumpulkan data ilmiah dan mengembangbiakkan Harimau Sumatera sebagai upaya konservasi dan penyelamatan hewan yang luar biasa ini," kata Direktur Kebun Binatang Honolulu, Manuel Mollinedo, seperti dimuat situs k5thehometeam.com, Selasa 14 Februari 2012.

"Harimau Sumatera saat ini sangat terancam. Kami bekerja keras untuk melindungi dan meningkatkan spesies hewan ini," kata kurator kebun binatang, Point Defiance, Karen Goodrowe Beck.

Untuk memudahkan transisi dan mengurangi potensi stres, Malosi ditemani petugas kebun binatang yang selama ini merawatnya. Sementara, seorang mahasiswa Brigham Young University ditugaskan untuk mengumpulkan informasi terkait indikator stres dan faktor-faktor perbaikan emosi.

Malosi lahir di Kebun Binatang Honolulu, September 2008 lalu, bersama dua saudaranya, Keahi and Tondi. Keahi minggu lalu pindah ke rumah barunya di Kebun Binatang Sendai Yagiyama di Jepang. Sementara, Tondi bakal dikirim ke Prancis.

Tenar di seluruh dunia, kondisi habitat asli Harimau Sumatera, di hutan-hutan Pulau Sumatera, justru mengenaskan. Mereka terdesak oleh kegiatan manusia, illegal logging, habitatnya musnah oleh perkebunan, juga dibuat tak berdaya menghadapi perburuan liar. Diperkirakan populasi hewan langka ini tinggal 400 ekor di alam liar.

Indonesia memiliki 65 harimau Sumatera di kebun binatang, dan lainnya hidup di kebun binatang di Eropa, Amerika Utara dan Australia.

suMBer : NAsioNAl.viVAnewS.coM
POsTEd bY : aRMStrOng_PRODuct@YAHoO.co.ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aRmsTRONgprODucT12@yahOO.co.ID (mY fB)

Ikuti TAMRIN

mALEs nYAri ? ... KetiK AjE

aRMStRoNg_prODucT@YAHoO.co.ID. Diberdayakan oleh Blogger.