Sabtu, 04 Februari 2012

moBiL BerbAhaN baKAr koPI TerCePAt di DUNia



Semakin langkanya bahan bakar minyak (BBM) dari fosil yang diiringi dengan meroketnya harga telah menimbulkan berbagai reaksi. Kreativitas pun terpacu guna mencari alternatif bahan bakar. Seperti yang dilakukan oleh sekelompok insinyur di Inggris ini. Mereka memanfaatkan limbah minuman kopi sebagai bahan bakar mobil. Hasilnya ternyata tokcer. Bahkan mampu memecahkan rekor dunia.

Mobil berbahan kopi generasi kedua (Coffee Car Mk2) itu tercatat memecahkan Guinness World Record sebagai mobil berbahan bakar sampah organik tercepat. "Mobil ini mampu melesat hingga 124,7 kilometer per jam (kpj) dengan rata-rata kecepatan 107,0 kpj," demikian bunyi pernyataan Guinness World Record.

Para insinyur itu menggunakan perangkat yang bernama gasifier untuk merebus kopi hingga suhu 700 derajat elcius. Proses itu menghasilkan gas sintetis yang terdiri dari metana monoksida, hidrogen, serta karbon. Trio gas itulah yang memegang peranan penting dalam proses pembakaran internal di ruang bakar mesin. Ketiga gas yang menghasilkan tekanan hingga 150 Psi itu kemudian disalurkan ke manifold mesin dan menghasilkan daya dorong dengan kecepatan sangat tinggi. Hasilnya adalah kecepatan mobil hingga 124,7 kpj tersebut.

SuMber : TEmPOinTeraktiF.cOm
POSted By : aRMStrOng_PrODucT@YAHoo.co.iD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aRmsTRONgprODucT12@yahOO.co.ID (mY fB)

Ikuti TAMRIN

mALEs nYAri ? ... KetiK AjE

aRMStRoNg_prODucT@YAHoO.co.ID. Diberdayakan oleh Blogger.